Selasa, 05 Januari 2010

SARANA PENUNJANG

Hotel/Akomodasi
Jumlah hotel yang tersebar di Kabupaten Lombok Tengah pada tahun 2007masih belum merata pada tiap kecamatan.Secara keseluruhan jumlah hotel yang ada di wilayah Kabupaten Lombok Tengah sebanyak 17 buah. Konsentrasi keberadaan fasiliats akomodasi masih di dominasi Kecamatan Pujut yaitu di pesisir pantai Kuta. Jumlah hotel yang tersedia sebanyak 15 buah dengan klasifikasi satu hotel berbintang dan selebihnya adalah hotel Melati. Sedang 2 hotel lainnya dengan klasifikasi Melati terletak di Ibukota kabupaten dan Aik Bukak, Kecamatan Batukliang Utara. Dan Pada tahun 2009 EMAAR Properties juga akan membangun sebuah kawasan resort berkelas internasional di wilayah eks LTDC kecamatan pujut.

Restoran/Rumah makan
Jumlah restoran/rumah makan yang ada di Kabupaten Lombok Tengah masih relatif sedikit dan terkonsentrasi pada pusat-pusat perekonomian serta daerah tujuan wisata. Umumnya restoran/rumah makan tersebut masih berskala kecil, dalam arti fasilitas yang dimiliki masih bertipe warung. untuk itu, jenis usaha ini masih perlu ditingkatkan lagi dari segi tempat usaha (fisik bangunan), kualitas pelayanan serta higienitas makanan.

Toko Cenderamata/Art Shop
Di Kabupaten Lombok Tengah tersebar sentra-sentra kegiatan industri barang seni seperti kain tenun tradisional di desa Sukarara maupun kerajinan gerabah yang tersebar di wilayah Kecamatan Praya Barat, Praya Barat Daya, Pujut, Praya Timur, Kopang dan Jonggat.


Fasilitas Komunikasi Umum, Olah Raga dan Lainnya
Komunikasi Umum
pada tahun 2007 telah tercatat ada 27 wartel (warung telekomunikasi) di Kabupaten Lombok Tengah. amun, seiring dengan perkembangan ponsel (telepon seluler) yang telah menjangkau hampir seluruh wilaya Lombok Tengah, pengusaha wartel satu persatu mulai menutup usahanya.

Olah Raga
Fasilitas Olah Raga dan lainnya yang tersedia dan dapat dijadikan pentas maupun kegiatan yang berkaitan dengan periwisata, antara lain :
a. Lapangan Tenis Pendopo Praya
b. Lapangan Tenis PU
c. Lapangan Tenis BRI, Praya
d. Lapangan Tenis PT. Perkebunan Kapas XXVI, Puyung
e. Gedung Olah Raga
f.  Lapangan Golf Batujai, Kecamatan Praya Barat
g. Lapangan Umum

Money Changer
1. Money Changer Segara Anak Kencana
2. Money Changer BNI 46 Praya
3. Money Changer BRI Cabang Praya

SPBU
1. SPBU Praya
2. SPBU Tampar Ampar, Praya
3. SPBU Batujai
4. SPBU Jelojok, Kopang
5. SPBU Pancor Dao, Batukliang Utara

Telekomunikasi
PT. TELKOM telah lama memiliki cabang di kota Praya dan saat ini distribusi jaringan telepon seluler hampir menjangkau seluruh wilayah Kabupaten Lombok Tengah.


Transportasi
Sebagai salah satu wilayah penting di Pulau Lombok, Kota Praya mempunyai transportasi umum berupa angkutan kota yang melewati beberapa kota lainnya di Pulau Lombok seperti Mataram, Cakranegara, Ampenan, dan Sweta. Kota Praya sendiri mempunyai Terminal Kota Praya yang berfungsi sebagai terminal angkutan umum antar kota yang lokasinya berdekatan dengan Pasar Renteng.


0 komentar:

Posting Komentar