Senin, 04 Januari 2010

Selayang Pandang Kota Praya



Praya adalah sebuah kecamatan di kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Indonesia yang juga merupakan ibukota dari Kabupaten Lombok Tengah terletak antara 115°46 - 119°05 Bujur Timur dan 08°10 - 09°05 Lintang Selatan. Selain menjadi pusat kegiatan masyarakat Lombok Tengah, Praya juga menjadi kota pusat kebutuhan dan kebudayaan masyarakat sekitarnya. Kota Praya mempunyai pasar induk Renteng sebagai sarana pendukung pemenuhan kebutuhan pokok. Selain itu, sektor perdagangan Kota Praya telah cukup berkembang dengan adanya bank swasta dan pemerintah, serta didukung department store, supermarket, serta toko retail modern yang mampu menyediakan kebutuhan masyarakatnya.


Wilayah kabupaten lombok tengah memiliki luas 1.208,39 KM2 terdiri dari 12 kecamatan, 122 Desa, 12 Kelurahan serta 1.223 Dusun dan 60 perkampungan. Kecamatan-kecamatan tersebut meliputi Praya Barat, Praya Barat Daya, Pujut, Praya Timur, Janapria, Kopang, Praya, Praya Tengah, Jonggat, Pringgarata, Batukliang dan Batukliang Utara. Bila dilihat dari asset pariwisata, masing-masing kecamatan mempunyai daya tarik tersendiri. Iklim yang ada di Kota Praya yaitu Hujan Tropis dengan musim kemarau kering, yaitu mulai bulan November sampai dengan Mei, sementara curah hujan berkisar antara 1.000 hingga 1.750 mm pertahun.


Penduduk Kabupaten Lombok Tengah berdasarkan hasil survey tahun 1997 berjumlah 825.772 yang terdiri  dari 384.867 jiwa dengan jenis kelamin laki-laki dan 440.905 adalah perempuan. Berdasarkan data kependudukan tersebut, dapat dilihat potensi ketenagakerjaan dari berbagai sektor perekonomian, termasuk pada sektor pariwisata. Akan tetapi yang menjadi perhatian adalah kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang masih rendah dalam sektor kepariwisataan. Agama para penduduk Kota Praya mayoritas Islam, namun hal ini tidak menghalangi kerukunan antar umat beragama yang akhir-akhir ini telah menjadi sorotan masyarakat di sana. Warga Kota Praya dikenal sebagai masyarakat yang taat beragama yang ditandai dengan pembangunan Masjid Agung Praya yang merupakan salah satu Masjid terbesar di Nusa Tenggara Barat. Sebagian warga keturunan Bali memeluk Agama Hindu. Banyak etnis Tionghoa yang beragama Kristen dan Buddha di Kota Praya berprofesi sebagai pedagang. Mata Pencaharian para penduduknya adalah sebagian besar hidup sebagai petani. Mengingat sebagian wilayah Kabupaten Lombok Tengah merupakan areal pertanian. Secara keseluruhan, prosentase pembagian penduduk di Kabupaten Lombok Tengah dari segi mata pencaharian adalah : Pertanian 72%, Industri 7%, Jasa 7%, Perdagangan 7%, Angkutan 3%, Konstruksi 2%, lain-lain 2%.


PETA-LOMBOK TENGAH





3 komentar:

Anonim mengatakan...

pak, boleh minta tolong uploadin peta kecamatan praya? makasi,,

Unknown mengatakan...

yg dekat tanjung a'an sebelah kanan kurang jelas,itu katanya apa

Unknown mengatakan...

itu apa katanya yang Sbelah mujur warna kuning

Posting Komentar